Pengurus Pusat Forum Dakwah Perbatasan Bagikan Zakat di Kepulauan Banyak Aceh Singkil

Pemerintahan

Minggu, 26 Mei 2019

DIKUTIF DARI SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Tim Safari Dakwah Pengurus Pusat Forum Dakwah Perbatasan (FDP) membagikan zakat dan perlengkapan shalat di Desa Suka Makmur, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil.

Perlengkapan shalat yang dibagikan antara lain sarung, mukena dan peci.

Selain itu juga dibagikan peralatan belajar untuk anak-anak TPA sambil melaksanakan buka puasa bersama masyarakat di masjid setempat.

Kegiatan itu berlangaung selama enam hari, mulai 21 Mei sampai 26 Mei.

Sebelumnya FDP telah mengirimkan tiga dai kafilah Ramadhan di daerah Kepulauan Banyak.

Dai tersebut berdakwah ke kampung-kampung yang ada di Kepulauan Banyak.

Ketua Tim Safari Dakwah FDP, Ustad Abdurrahim, Minggu (26/05/2019) menyampaikan apresisasi kepada masyarakat yang menyambut baik kehadiran mereka.

“Alhamdulillah Tim Safari Dakwah FDP mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Tentunya kita berharap hubungan ini terus terjalin hingga sepanjang masa," kata Ustaz Abdurrahim.

Ustaz Abdurrahim berpesan kepada dai yang ditempatkan di daerah kepulauan senantiasa bersilaturrahmi ke rumah-rumah masyarakat serta mengajari anak-anak yang pada umumnya memiliki motivasi belajar sangat tinggi.

"Teruslah berdakwah, perkenalkan kepada masyarakat tentang tatacara ibadah sesuai ajaran Rasulullah berdasarkan Alquran dan Sunnah," ujarnya.

Menurutnya pendekatan dengan tokoh masyarakat untuk mempermudah penyampaian dakwah ke masyarakat umum.

Kemudian menjaga netralitas terhadap masyarakat agar tidak terjadi kecemburuan sosial.

Ia menambahkan para dai selain berdakwah juga melakukan pendataan tingkatan ekonomi dan potensi ekonomi yang bisa dikembangkan masyarakat.

Pemetaan ini bertujuan untuk pelaksanaan kegiatan selanjutnya.

Sementara itu Ketua Forum Dakwah Perbatasan (FDP) Nurkhalis mengatakan, kegiatan tersebut dapat dilaksanakan setiap tahunnya.

"Pada akhir Juni FDP akan mengadakan Safari Dakwah Perbatasan yang ke-8 di Subulussalam, Aceh Singkil dan Aceh Tenggara. Dengan program diantaranya pembinaan mualaf, pemeberdayaan ekonomi umat, bakti sosial dan renovasi mesjid perbatasan,” ujar Nurkhalis.(*)

sumber:  http://aceh.tribunnews.com/2019/05/26/pengurus-pusat-forum-dakwah-perbatasan-bagikan-zakat-di-kepulauan-banyak-aceh-singkil?page=2