You are here Potensi Pariwisata

Pariwisata

E-mail Print PDF

Aceh Singkil sebagai salah satu Kabupaten Daerah Tujuan Wisata di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam mempunyai potensi yang cukup besar bagi pengembangan sektor pariwisata karena memiliki keindahan, kekayaan alam dan kehidupan sosial budaya serta peninggalan – peninggalan sejarah yang semuanya dapat dijadikan objek wisata. Alam Aceh Singkil yang begitu

menakjubkan dan mempesona belum dapat di manfaatkan secara maksimal, banyak sekali potensi wisata yang selama ini terpendam, diantaranya adalah wisata bahari yang saat ini sudah mulai dikembangkan. Sejak berdirinya Kabupaten Aceh Singkil pada tahun 1999 telah banyak pengembangan - pengembangan yang dilakukan disegala bidang yang bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) terutama disektor pariwisata.

Sebagai daerah tujuan wisatawan lokal dan mancanegara yang memiliki keunikan budaya, keindahan alam dan masyarakat yang ramah , Singkil telah dikunjungi oleh banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia seperti Eropa, Amerika Serikat, dan Australia dari tahun 2002 hingga saat ini. Walaupun masih ada kekurangan disana-sini, Kabupaten Aceh Singkil terus berbenah diri agar sektor pariwisata dapat diandalkan sebagai salah satu sektor yang menghasilkan Pendapatam Daerah yang besar.

Pertumbuhan pembangunan pariwisata dan jumlah kunjungan wisatawan ke Singkil disikapi dengan positif oleh masyarakat lokal dan menganggap fenomena yang terjadi sebagai peluang emas yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya. Wisata Kabupaten Aceh Singkil mencakup wisata alam, seperti : pulau-pulau yang indah dan terawat yang memiliki flora yang menarik (di Pulau Banyak), air terjun (di Danau Paris dan Suro), danau (di Kota Baharu), rawa (di Singkil), dan pantai (di Singkil dan Singkil Utara).

Satu- satunya yang dapat dikembangkan sebagai lokasi Wisata Bahari adalah Pulau Banyak. Pulau Banyak merupakan tempat tujuan wisata bahari yang ideal. Sebagai daerah kepulauan, Pulau Banyak selain memiliki laut yang cukup luas juga pantai yang sangat panjang dan indah, pantai Pulau Banyak tidak kalah dengan Bali. Pasir putihnya lebih lembut dari Legian Bali, lambaian daun- daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana tamasya dengan pemandangan alam pantai tropis.

Indahnya panorama Sunset juga menjadi tontonan tersendiri yang mengasyikkan. Pulau Banyak terkenal dengan panorama taman bawah lautnya yang sangat indah, berbagai macam ikan hias dan terumbu karang yang indah dapat dijumpai di sini. Wisatawan dapat melihat keindahan panorama ini dengan menggunakan perahu motor yang lantainya terdiri dari gelas kaca tembus pandang, sehingga penumpang dapat melihat ke bawah. Kepulauan Banyak, khususnya Pulau Bangkaru terdapat satwa langka, yaitu penyu Hijau, penyu Belimbing dan penyu Sisik.

Para wisatawan disini dapat melihat penyu bertelur setiap malam, sekaligus dapat melihat bayi-bayi penyu yang merangkak ke laut pada saat matahari terbit. Pantai amandangan dan Pelanggaran di Pulau Bangkaru merupakan kawasan wisata yang menarik, khususnya untuk wisatawan yang berminat melakukan penyelidikan terhadap penyu yang setiap malamnya memenuhi pasir putih pantai Amandangan. Pada tahun 2011, Jumlah wisatawan asing maupun domestik yang datang mencapai sekitar 9.729 wisatawan, jumlah ini lebih sedikit bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 2010, jumlah wisatawan yang berkunjung hanya mencapai 38.726 wisatawan. Jumlah wisatawan domestik yang berkunjung ke Kabupaten Aceh Singkil pada tahun 2011 sebanyak 9.240 lebih banyak bila dibandingkan dengan jumlah wisatawan asing yang hanya berjumlah 489 wisatawan. Jumlah wisatawan domestik biasanya meningkat cukup signifikan pada bulan-bulan tertentu, yaitu pada bulan yang memiliki libur nasional. Sekitar 35,17 persen dari jumlah wisatawan mancanegara menginap di penginapan/hotel yang tersedia di Aceh Singkil. Sementara wisatawan lokal biasanya pulang kembali ke rumahnya ataupun menginap di rumah sanak saudara-nya.

Joomlart